Perawatan ikan arwana

PERAWATAN IKAN ARWANA
Untuk memelihara ikan Arwana yang berkualitas, dibutuhkan ketekunan dan waktu, selain itu juga harus mengetahui kebiasaan dari ikan ini. Ikan Arwana sangat peka terhadap cahaya , suara serta gerakan-gerakan di sekelilingnya.
Perawatan ikan Arwana biasanya meliputi pemberian makanan, mengganti air, membersihkan aquarium serta peralatan-peralatan yang ada di dalam aquarium.
Pemberian Makanan
Ikan Arwana termasuk ikan yang buas, umumnya makanan Arwana adalah Kecoak, Jangkrik, Kodok, Udang, Kelabang dan makhluk hidup lainnya. Selain pakan hidup, kadang-kadang ikan Arwana juga mau menyantap pakan mati seperti potongan daging, tapi hal ini tidak dianjurkan bagi penggemar ikan Arwana, karena cepat mengotori air yang ada dalam aquarium serta makanan sisa cepat busuk. Biasanya makanan diberikan pada pagi hari dan sore hari , Usahakan ikan Arwana tidak makan sampai kekenyangan, supaya proses pencernaannya dapat berlangsung dgn stabil, sehingga pada saat pemberian makanan selanjutnya , ikan ini masih bisa makan !
Mengganti air
Kualitas air yang ada dalam aquarium sangat dipengaruhi oleh makanan yang diberikan pada ikan Arwana. Ikan Arwana yang sering diberi udang / daging potong, biasanya kualitas airnya cepat kotor dan busuk. Sedangkan ikan Arwana yang diberi ikan hidup biasanya kualitas airnya lebih terjaga. Sebaiknya pakan yang tidak disantap atau dimuntahkan Arwana secepatnya diambil dari aquarium supaya airnya tidak kotor dan busuk. Penggantian air dapat dilakukan seminggu sekali ataupun 2 hari sekali, bahkan Anda boleh mengganti airnya setiap hari jika punya waktu luang. Penggantian air sebaiknya dilakukan sebagian saja, jadi tidak perlu mengganti total air yang ada dlm aquarium, supaya Arwana tetap tenang berada di aquariumnya. Gantilah air sebagian dan tambahkan air bersih sesuai dgn air yang telah kita kuras dari aquarium. Penggantian total bisa dilakukan 2 / 3 bulan sekali, sekalian dgn pembersihan aquariumnya ! Sumber air dapat menggunakan air sumur ataupun air PAM yang sudah diendapkan terlebih dahulu satu atau dua hari sebelumnya . Gunakanlah air yang b ebas dari kandungan logam serta zat-zat toksik lainnya seperti ammonia, nitrat dll. Air yang baik adalah air yang memiliki kandungan oksigen yang baik ( lebih dari 4,0 ppm ), karbondioksida bebas ( maksimum 6,0 ppm ) , derajat keasaman (pH) mendekati netral ( 6,5 - 7,0 ) dan suhu antara 28 - 30 derajat Celcius.
Aquarium
Aquarium hendaknya cukup lapang buat ikan Arwana bergerak, jika Arwana yang ukurannya 60 cm, sebaiknya panjang aquariumnya 1-2 meter. selain itu, kaca juga harus tebal seiring dengan besarnya volume air. Contoh, untuk ukuran aquarium 60 x 60 x 10 cm, minimal digunakan kaca dgn ketebalan 8 mm. Aquarium harus diberi penutup lengkap dgn lampunya ! Lazimnya ikan Arwana dipelihara dalam aquarium yang mempunyai penutup, bisa berupa kain ataupun plastik di sisi muka aquarium guna menghindari cahaya dan gerakan dari orang yang lalu lalang disekitarnya .
Jangan lupa bersihkan aquarium bila kaca-kacanya sudah buram dan berlumut serta berlendir. Gunakan kain yang bersih dan steril, usaplah kotoran yang menempel di kaca aquarium dan keluarkan kain yang kotor, bersihkan kain tersebut di ember , sesudah bersih , gunakan lagi untuk me-lap bagain lainnya !
Peralatan aquarium
Umumnya aquarium untuk ikan ARWANA meliputi Aerator / Blower , Heater, Filter , Lampu penerang !
AERATOR / BLOWER adalah alat untuk menambah kandungan oksigen, berupa gelumbung-gelumbung oksigen, terdapat berbagai macam variasi dan bentuk dgn harganya yang bervariasi juga .
HEATER adalah alat pemanas untuk meningkatkan dan menjaga suhu air yang diinginkan .
FILTER adalah alat yang b erfeungsi menyaring kototran yang ada dalam aquarium. Filter selain dapat dibeli di toko, juga dapat dibuat sendiri dgn bahan seperti arang aktif, ijuk, pasir , kerakal dll, sedangkan untuk menyaring berbagai kandungan yang tidak diperlukan ( seperti zar besi , ammonia dan nitrat ) , hanya bisa dilakukan dengan cara mengendapkan air. Atau bisa juga digunakan filter khusus untuk itu ( seperti Ferrosorb, Multisorb, Organosorb , dll ) yang bisa dibeli ditoko-toko. Untuk menjaga kondisi baku mutu air, bisa digunakan filter yang dipasang secara permanen. Atau dengan penggantian air sebulan sekali, lebih sering lebih baik.
Lampu penerang , biasanya dipasang diatas aquarium , tapi ada juga yang memasangnya disamping aquarium , gunakan lampu ultra-violet khusus untuk aquarium . Penerangan yang baik akan membuat sisik ikan menjadi berkilau dan menatulkan cahaya ketika berenang, sehingga ikan akan tampak cantik mempesona. Sebaliknya pemasangan lampu yang salah akan membuat ikan silau dan cenderung matanya melorot kebawah karena menghindari cahaya yang terlalu terang 1

0 komentar:

Posting Komentar